SARAGIH, HEZRA JAYANTI (2018) PEMBELAJARAN BIOLA PADA ANAK TUNANETRA DI YAYASAN PENDIDIKAN TUNANETRA SUMATERA TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2131140017 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 2131140017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. NIM. 2131140017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 2131140017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 2131140017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 2131140017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2131140017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2131140017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
12. NIM. 2131140017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 2131140017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Pembelajaran Biola Pada Anak Tunanetra di Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran biola pada anak tunanetra di Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera Tanjung Morawa, untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan pada anak tunanetra di Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera Tanjung Morawa, untuk mengetahui materi apa yang disajikan dalam pembelajaran biola pada anak tunanetra di Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera Tanjung Morawa, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran biola pada anak tunanetra di Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera Tanjung Morawa.
Penelitian berdasarkan landasan teoritis yang menjelaskan teori pembelajaran, metode pembelajaran, materi pembelajaran, alat musik biola, pengertian anak berkebutuhan khusus, anak tunanetra.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah direktur Yayasan, guru atau pelatih alat musik biola dan anak tunanetra yang belajar biola berjumlah 2 orang anak. Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.Setelah menganalisis keseluruhan data, maka dapat diketahui bahwa proses pembelajaran biola pada anak tunanetra diawali dengan guru menyetem biola, setelah itu mereka mulai belajar menggesek, dan dilanjutkan dengan belajar tangga nada G Mayor. Pembelajaran ini dilakukan dengan metode Ceramah, Demonstrasi, Latihan, Pemberian Tugas. Materi lagu yang diberikan berjudul “kami Puji Dengan riang, Makin Dekat Tuhan, Ajaib Benar Anugerah”. Kendala yang dihadapi akan dapat diatasi jika guru ataupun pelatih memiliki banyak kesabaran dalam mengajar biola pada anak berkebutuhan khusus penyandang tunanetra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSK 004 |
Keywords: | PEMBELAJARAN, BIOLA, ANAK TUNANETRA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:43 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28971 |