Maulidya, Shabrina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111045 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4131111045 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM 4131111045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM 4131111045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM 4131111045 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 4131111045 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM 4131111045 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8. NIM 4131111045 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4131111045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM 4131111045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 4131111045 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terdapat pengaruh terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.A 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
semester ganjil SMP Negeri 17 Medan yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah seluruh siswa 312 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII–5 dengan jumlah 34 orang dan siswa kelas VII–9 dengan jumlah siswa 34 orang. Kelas VII–5 diberi Reciprocal Teaching dan kelas VII–9 diberi pembelajaran langsung.penelitian ini
menggunakan instrument test yaitu pretest dan posttest dalam bentuk essay test yang masing – masing sebanyak 4 dan 5 soal yang digunakan untuk mengetahui
kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Instrument tersebut telah divalidasi dan telah dinyatakan valid. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu
diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang
homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen I (Reciprocal Teaching) diperoleh nilai rata – rata dari selisih nilai pretest dan posttest 23,76 dengan
simpangan baku 8,70. Pada kelas eksperimen II (konvensional) diperoleh nilai rata – rata dari selisih nilai pretest dan posttest 19,5 dengan simpangan baku 8,04.
Dari analisis data menggunakan uji t satu pihak pada taraf 0,05 hitung t =2,098 dan tabel t =1,998 sehingga terlihat hitung tabel t t yaitu 2,098 > 1,998 yang berarti hitung t tidak berada pada interval tabel hitung tabel t t t maka o H ditolak dan
a H diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 17
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 056 |
Keywords: | Reciprocal Teaching, Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:42 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28964 |