SIREGAR, DANIATY (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA AJAR JENIS LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI IPA SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341063 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2. NIM 4133341063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
3. NIM 4133341063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
4. NIM 4133341063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 4133341063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM 4133341063 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 4133341063 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4133341063 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9.NIM 4133341063 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
13. NIM 4133341063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4133341063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model pembelajaran tipe Team Games Tournament dengan media ajar jenis Leaflet terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem saraf manusia di kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen, dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan yang berjumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya adalah kelas XI IPA 2 yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa mencapai 80,15 termasuk kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa mencapai 86% termasuk kategori tuntas, ketercapaian indikator mencapai 90 termasuk kategori tercapai, dan aktivitas belajar siswa yang mencapai 77,5 termasuk ke dalam kategori aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament dengan media ajar jenis leaflet efektif digunakan pada materi sistem saraf manusia di kelas XI IPA SMA Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 037 |
Keywords: | EFEKTIVITAS; MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT; MEDIA AJAR LEAFLET; HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:42 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28961 |