Sari Gultom, Agustina Maya (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133341053 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 4133341053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 4133341053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 4133341053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 4133341053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6. NIM. 4133341053 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 4133341053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8. NIM. 4133341053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 4133341053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13. NIM. 4133341053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4133341053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Konvensional pada materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 2 kelas, kelas XI MIA1 diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dan kelas XI MIA2 diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Make A Match (Konvensional) sebagai gantinya dilakukan diskusi kelompok. Masing-masing kelas terdapat 40 siswa. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match (X ̅) = 75,13 ± 10,71 dan rata-rata hasil belajar menggunakan model konvensional (X ̅) = 61,38 ± 11,71. Aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran Make A Match meningkat yaitu (X ̅) = 11,65 ± 1,67sedangkan aktivitas belajar pada siswa menggunakan model pembelajaran tanpamenggunakan model Make A Match (X ̅)= 10,62 dengan standar deviasi (SD) = 1,84. Rata-rata hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (11,57> 1,994) yang berarti Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar serta aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Konvensional pada materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Swasta Al-Hidayah Medan T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 022 |
Keywords: | Struktur dan fungsi sel, hasil belajar, aktivitas belajar, model pembelajaran Make A Match, model pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 13:53 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28896 |