Khairi, Uswatun (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI ELASTISITAS SEMESTER GANJIL PADA KELAS XI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121056 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4133121056 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4133121056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 4133121056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM. 4133121056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM. 4133121056 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 4133121056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 4133121056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 4133121056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM. 4133121056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
14. NIM. 4133121056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together menggunakan media PhET terhadap hasil belajar siswa dan perubahan aktivitas belajar.Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Control group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 220 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil dua kelas, yaitu kelas eksperimen, dan kelas kontrol, masing-masing kelas sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berbentuk essai sebanyak 8 soal yang telah divalidkan oleh validator, dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28,18 dan kelas kontrol 34,32. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 61,5 dan kelas kontrol 50,29. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dari ketiga pertemuan memiliki rata-rata nilai adalah 67,87% termasuk dalam kriteria cukup aktif. Dari hasil uji hipotesis t satu pihak diperoleh thitung = 3,16 dan ttabel= 1,66 sehingga thitung>ttabel pada taraf nyata 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh dari model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together menggunakan media PhET terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 035 |
Keywords: | Model Koopertaif Tipe Number Head Together; Media PhET; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:22 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28885 |