Nasution, Leni Wida Yanti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2131111029 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 2131111029 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
3. NIM 2131111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM 2131111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 2131111029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM 2131111029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 2131111029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 2131111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
12. NIM 2131111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM 2131111029 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Leni Widayanti Nasution, NIM: 2131111029.Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017/2018. Program Study Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Picture and Picture terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 270 siswa. Dari 270 siswa, ditetapkan 32 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes produk. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Data yang diperoleh menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi sebelum menggunakan model picture and picture masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 61,25, sedangkan kemampuan siswa menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model picture and picture masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79,68. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukan (5,75) > (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal ini berarti ada pengaruh model picture and picture terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2017/2018. Hal ini menunjukan bahwa hasil pembelajaran menulis teks deskripsi sesudah menggunakan model picture and picture lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model picture and picture, proses pembelajaran sesudah menggunakan model picture and picture berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 006 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE, KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28866 |