Sagala, Sophia (2018) PENGEMBANGAN TES BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133141077 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4133141077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM 4133141077 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4. NIM 4133141077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM 4133141077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM 4133141077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. NIM 4133141077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM 4133141077 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM 4133141077 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
10. NIM 4133141077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
14. NIM 4133141077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
15. NIM 4133141077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Tingkat kelayakan tes berbasis literasi sains yang dikembangkan menurut ahli materi dan ahli literasi sains; (2) Tingkat kelayakan tes berbasis literasi sains yang dikembangkan berdasarkan respon siswa (3) Kelayakan tes berbasis literasi sains pada aspek konten, konteks, dan kompetensi ilmiah; (4) Efektifitas tes berbasis literasi sains yang dikembangkan dalam mengukur literasi sains siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk model Borg and Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi 5 tahap, yaitu (1) Melakukan penelitian pendahuluan (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Validasi (5) Revisi dan ujicoba. Subjek ujicoba terdiri dari tim ahli materi, tim ahli literasi sains, 4 (empat) siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa uji perorangan, 17 siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa uji kelompok kecil, 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan berupa hasil angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan tes berbasis literasi sains menunjukkan (1) Tingkat kelayakan tes menurut ahli materi dan ahli literasi sains “Baik Sekali” (90%) (2) Uji coba perorangan berada pada kriteria “Baik Sekali” (86%); Ujicoba kelompok kecil pada kriteria “Baik Sekali” (96%) (3) Tes berbasis literasi sains pada aspek konten, kompetensi ilmiah, dan konteks “Baik Sekali” (90,8 %). (4) Tes berbasis literasi sains siswa lebih efektif dengan rata-rata post test 87,8 dibandingkan dengan tes yang belum dikembangkan dengan rata-rata post test 81,9. Berdasarkan data tersebut produk tes berbasis literasi sains yang sudah dikembangkan layak digunakan untuk siswa sebagai bahan evaluasi tambahan pada materi Ekosistem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 015 |
Keywords: | Pengembangan Tes, Ekosistem, Literasi Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28845 |