UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Gulo, Saferius (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 6133311067 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 6133311067 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 6133311067 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 6133311067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 6133311067 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 6133311067 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 6133311067 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 6133311067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 6133311067 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 6133311067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 6133311067 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 6133311067 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 6133311067 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 6133311067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 6133311067 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 6133311067 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 6133311067 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 6133311067 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 6133311067 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 6133311067 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 6133311067 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 6133311067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar renang gaya bebas melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X IPA3 yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar portofolio dan lembar observasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik renang gaya bebas. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 70% dengan nilai rata-rata 74,82 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 9 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal
30%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal >85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama
perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,66% dengan nilai rata-rata 88,69 dan siswa
yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 13,33% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal >85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode variasi pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar renang gaya bebas melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X IPA3 yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar portofolio dan lembar observasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik renang gaya bebas. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 21 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 70% dengan nilai rata-rata 74,82 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 9 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 30%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal >85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,66% dengan nilai rata-rata 88,69 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 13,33% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal >85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PJKR 024
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:38
Last Modified: 18 Feb 2019 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item
View Item