Sipapaga, Sutarno (2018) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 LAGUBOTI T.P 220172018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141107 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7133141107 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
3. NIM. 7133141107 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 7133141107 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
5. NIM. 7133141107 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM. 7133141107 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM. 7133141107 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7133141107 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
12. NIM. 7133141107 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM. 7133141107 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Sutarno Sipapaga, NIM 7133141107, Pengaruh Kemandirian Belajar dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Laguboti T.A. 2017/2018 Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Prestasi Belajar Siswa Kelas XI mata peajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemandirian Belajar dan Manjemen Waktu terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Laguboti yang beralamat di Jalan Pelajar No 03 Laguboti, Kabupaten Tobasamosir. Populasi dalam penelitian sebanyak 78 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 78 siswa . Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Kemandirian belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y), diperoleh variable kemandirian belajar mempunyai thitung yakni sebesar 2,368 dengan ttabel 1,667 .Maka dapat disimpulkan kemandirian belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dan manajemen waktu mempunyai thitung yakni 2,059 dan ttabel bernilai 1,667. Jadi dapat disimpulkan manajemen waktu memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kemudian Pengujian Secara Simultan X1 dan X2 terhadap Y diperoleh nilai fhitung sebesar 55,299 dengan probabilitas (sig) = 0,000. Nilai Fhitung 55,299 > ftabel 3,11 dan nilai sig lebih kecildari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,000 < 0,05. Artinya, secara bersama sama (simultan) kemandirian belajar dan manajemen waktu berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemanirian belajar dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar siswa kelas XI mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Laguboti tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 008 |
Keywords: | KEMANDIRIAN BELAJAR, MANAJEMEN WAKTU, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:38 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28815 |