HUTABARAT, GRACE PERDANA (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.7133341122_SAMPUL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2.7133341122_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
3.7133341122_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4.7133341122_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5.7133341122_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6.7133341122_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7.7133341122_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8.7133341122_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9.7133341122_BAB I.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
13.7133341122_BAB V.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
14.7133341122_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Grace Perdana Hutabarat, Nim 7133341122. Pengaruh Kompetensi Guru Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan T.A 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2018. Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru dan Disiplin Belajar Siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan T. P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kalas X IIS SMA Negeri 17 Medan dengan jumlah 122 orang. teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan cara Propotioned Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Sehingga jumlah sampel sebanyak 93 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner masing-masing sebanyak 25 item, kuisioner dinyatakan reliabel dengan dengan Alpha Cronchbach 0,894 untuk variabel Kompetensi Guru dan 0,882 untuk variabel Disiplin Belajar Siswa. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t, Uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penenlitian ini yaitu Y=23,528+0,414X1+0,350X2+e berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Apabila Kompetensi Guru meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,414 persen dan apabila Disiplin Belajar Siswa meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,350 persen. Pengujian secara parsial (Uji t) menunjukan nilai 4,899 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesisi 1, nilai 4,131 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 2 dan uji F diperoleh nilai 47,169 dengan sig 0,000 untuk hipotesisi 3 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,512 atau 51,2 % dimana hal ini menunjukan besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel Kompetensi guru dan Disiplin Belajar Siswa terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 51,2 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi Guru terhadap prestasi belajar ekonomi, ada pengaruh positif dan signifikan antara Disiplin Belajar Siswa terhadap prestasi belajar, serta ada pengaruh postif dan signifikan antara Kompetensi guru dan Disiplin Belajar Siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 002 |
Keywords: | kompetensi guru, disiplin belajar siswa, prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:38 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28812 |