Bari, Taufik Sulaiman (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (T.A.I) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 KOTA TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111089 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM. 6123111089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
3. NIM. 6123111089 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 6123111089 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 6123111089 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 6123111089 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 6123111089 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 6123111089 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 6123111089 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
13. NIM. 6123111089 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 6123111089 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
TAUFIK SULAIMAN BARI. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization (T.A.I) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tanjung Balai Tahun Ajaran 2017/2018. Pembimbing : USMAN NASUTION Skripsi : Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar Dribbling Bola Basket melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (T.A.I) pada siswa/siswi kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tanjung Balai Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas XI IPA IV yang berjumlah sebanyak 30 siswa terdiri dari 12 putra dan 18 putri yang akan diberikan tindakan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I) terhadap proses belajar Teknik Dribbling Bola Basket. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) (pre-test) diperoleh 8 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (26,66%), sedangkan 22 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (73,33%) dengan nilai rata-rata 60. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I). Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 18 orang siswa (60%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang siswa (40%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 71,44, dapat dilihat peningkatan dari data awal ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 33,34. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 26 orang siswa (86,66%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (13,33%) masih belum mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa 82,11, dapat dilihat peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,67. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I) dapat meningkatkan proses hasil belajar Teknik Dribbling Bola Basket pada siswa/siswi kelas XI IPA IV SMA Negeri 5 Kota Tanjung Balai Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 027 |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:24 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28799 |