LUBIS, SYARYANI HUSEIN (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALAUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MODIFIKASI BOLA PADA SISWA KELAS VIII-8 MTSN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111073 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 6131111073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
3. NIM. 6131111073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 6131111073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 6131111073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 6131111073 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 6131111073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 6131111073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
12. NIM. 6131111073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13. NIM. 6131111073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
SYARYANI HUSEIN LUBIS, NIM 6131111073. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola Pada Siswa Kelas VIII-8 MTsN 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 Pembimbing : Bangun Setia Hasibuan Skripsi : Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar (servis) bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan modifikasi bola pada siswa kela VIII-8 MTsN 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 29 siswa putri, yang diberi tindakan berupa pembelajaran terhadap hasil belajar (servis) bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan modifikasi bola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar (servis) diakhir setiap siklus. Analisis data dimulai dengan paparan data secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 19 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan (47,50%) telah mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 21 siswa (52,50%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata – rata 71,65. (2) dari tes belajar siklus II diperoleh data sebanyak 34 orang siswa dengan nilai rata – rata sebesar (85%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar sedangkan 6 orang siswa (15%) masih belum tuntas dalam hasil belajar. Dengan nilai rata – rata hasil belajar adalah 78,05. Sehingga kenaikan nilai rata – rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 6,4 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar inklusi dan modifikasi bola dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar (servis) dalam permainan bola voli pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 028 |
Keywords: | GAYA INKLUSI DAN MODIFIKASI |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:23 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28792 |