PASARIBU, ANDRIYANTI (2017) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK MODEL ARTISTIK DALAM MENINGKATKAN PERAN GURU BAHASA INGGRIS SEBAGAI AGEN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156132056 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 8156132056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
3. NIM 8156132056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 8156132056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 8156132056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 8156132056 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 8156132056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8156132056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8156132056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
13. NIM 8156132056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM 8156132056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah supervisi akademik model artistik yang dapat meningkatkan peran guru Bahasa Inggris sebagai Agen Pembelajaran dan melihat bentuk peningkatan peran guru Bahasa Inggris sebagai agen pembelajaran di SMA Negeri 5 Binjai. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan peran guru Bahasa Inggris sebagai agen pembelajaran. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat rangkaian kegiatan yaitu : (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan, (d) refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi peran guru sebagai agen pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) Pada tahap prasiklus, 83,3% memiliki skor agen pembelajaran dalam kategori tidak baik dan 6,67 %memiliki skor agen pembelajaran dalam kategori kurang baik. (2) Pada tahap siklus I, 66,67% memiliki skor dalam kategori cukup baik dan 33,33% dalam kategori kurang baik. (3) Pada tahap siklus II 100 % telah berhasil melampaui pencapaian kriteria ketuntasan 80%. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa implementasi supervisi akademik model artistik dapat meningkatkan peran guru Bahasa Inggris sebagai agen pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) Saat melakukan supervisi akademik model artistik supervisor tidak punya pretensi apapun. Supervisor menganggap seperti akan melihat pertunjukan seni.(2) Pengamatan dilakukan oleh supervisor dengan cermat, teliti, utuh, menyeluruh dan berulang-ulang. (3) Supervisor turut serta merasakan dan menangkap jiwa dari pembelajaran. (4) Supervisor menyusun hasil interpretasi dalam bentuk narasi. Hasil interpretasi yang dibuat dalam bentuk narasi baik tertulis maupun lisan disampaikan kepada guru. (5) Supervisor dan guru berdiskusi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Implikasi penelitian ini adalah apabila kita ingin meningkatkan peran guru Bahasa Inggris sebagai agen pembelajaran maka kita dapat menggunakan supervisi akademik model artistik dengan langkah-langkah yang telah diuraikan diatas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Pas i |
Keywords: | Supervisi Akademik, Model Artistik, Peran Guru, Agen Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:21 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28763 |