BONICA, ELVA (2018) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SATU ATAP KUALA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111010 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4131111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM 4131111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. NIM 4131111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. NIM DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 4131111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 4131111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM 4131111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM 4131111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. NIM 4131111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM 4131111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan pendekatan matematika realistik kelas VII-b SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala dan untuk mendeskripsikan bahwa pendekatan matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Subjek penelitian adalah kelas VII-b SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala yang berjumlah 40 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik kelas VII-b SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas VII-b (yang akan diteliti) dan kelas VII-a, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan pendekatan matematika realistik dengan pokok bahasan segi empat di kelas VII-b. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yag diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas VII-b adalah 53,75 dan kelas VII-a adalah 53,625. Setelah pemberian tindakan melalui pendekatan matematika realistik pada siklus 1 di kelas VII-b, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah I adalah 70,83 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 24 siswa (60%) dan kelas konvensional VII-a adalah 60,17 dengan jumlah siswa yang mencapai tingkat belajar klasikal sebanyak 9 siswa (22,5%). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah II kelas VII-b adalah 81,83 dengan jumlah siswa yang mencapai tingkat belajar klasikal sebanyak 37 siswa (92,5%) dan kelas VII-a adalah 69,08 dengan jumlah siswa yang mencapai tingkat belajar klasikal sebanyak 19 siswa (47,5%). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan segi empat di kelas VII-b SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kelas yang diberi pembelajaran pendekatan matematika realistik lebih baik daripada kelas yang diberi pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 006 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:20 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28755 |