KHADIJAH, SITI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4123331050 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM.4123331050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. NIM.4123331050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM.4123331050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
5. NIM.4123331050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM.4123331050 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM.4123331050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM.4123331050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM.4123331050 CAPTER I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
13. NIM.4123331050 CAPTER V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14. NIM.4123331050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) kimia SMA berbasis pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam, (2) mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) kimia berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan Hidrolisis Garam, (3) Mengetahui efektifitas penggunaan LKS kimia berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran hidrolisis garam. Metode yang digunakan adalah research and development (R and D), melalui tahapan: analisis, rancangan dan pengembangan. Tahap analisis, yaitu menganalisis LKS yang digunakan di sekolah dilihat dari aspek materi, soal, praktikum, aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, kesesuaian dengan perkembangan ilmu, warna, gambar, halaman, penyajian pembelajaran, ringkasan, dan kunci jawaban. Selanjutnya pada tahap perancangan, LKS dirancang dengan memperhatikan sintaks pembelajaran dengan model saintifik dengan memanfaatkan hal-hal baik dari hasil analisis LKS pada tahap pertama. Pada tahap pengembangan, LKS diuji kelayakannya oleh dosen dan guru dengan menggunakan instrumen angket dari BSNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang telah dikembangkan adalah valid dan tidak perlu direvisi menurut persepsi dosen berdasarkan hasil uji kelayakan (Skala 1-5) dari tinjauan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan berturut-turut adalah 3,98; 4,02; 4,12; 3,91 dan 3,87. Rancangan LKS kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 3 guru kimia, dan 19 siswa untuk meminta pandangan terhadap LKS kimia dengan menggunakan angket yang telah disediakan oleh peneliti dan mendapat skor 4,061 dengan persentase 81% yang berarti mendapat respon positif. Dari hasil penilaian diperoleh nilai yang valid dan tidak perlu revisi yang berarti LKS kimia dengan pendekatan saintifik layak untuk digunakan dan mendapat tanggapan yang positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 010 |
Keywords: | LEMBAR KERJA SISWA, PENDEKATAN SAINTIFIK, HIDROLISIS GARAM |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:20 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28751 |