Situmorang, Johannes (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 LUBUK PAKAM T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133311003 COVER.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
2. NIM 5133311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5133311003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM 5133311003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
5. NIM 5133311003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM 5133311003 TABLES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM 5133311003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
8. NIM 5133311003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM 5133311003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
13. NIM 5133311003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
14. NIM 5133311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Johannes Situmorang. NIM 5133311003. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mekanika Teknik Pada Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N. 1 Lubuk Pakam T.A 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mekanika teknik pada siswa program keahlian teknik gambar bangunan SMK N. 1 Lubuk Pakam T.A 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri atas 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK N 1 Lubuk Pakam, sebanyak satu kelas yang terdiri dari 34 siswa, Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan. Sebelum tes hasil belajar diberikan terlebih dahulu tes hasil belajar diuji coba, validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat 35,44% dari rerata 8,24 (siklus I) menjadi rerata 11,16 (siklus II). Dan hasil belajar siswa meningkat 12,68% dari rerata 72,27 (Siklus I) menjadi rerata 81,43 (Siklus II). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mekanika teknik. Peneliti menyarankan beberapa hal, yaitu 1) diharapkan guru lebih memahami model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) peneliti selanjutnya sedapat mungkin mengelola alokasi waktu dan fasilitas pendukung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 006 |
Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR; HASIL BELAJAR; KOOPERATIF TIPE JIGSAW |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:17 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28748 |