SITANGGANG, LAMHOT J (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN SOFT SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133321018 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 5133321018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
3. NIM. 5133321018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM. 5133321018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 5133321018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM. 5133321018 TABLE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. NIM. 5133321018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 5133321018 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM. 5133321018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
13. NIM. 5133321018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM. 5133321018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Lamhot J. Sitanggang, NIM : 5133321018. Pengaruh Model Pembelajaran STAD dan Soft Skills Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran STAD dan Soft Skills Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian quasi experiment dengan desain faktorial dua kali dua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MP SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling, yaitu kelas XI MP1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MP2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket soft skills yang berjumlah 27 item, tes hasil belajar yang berjumlah 18 soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil analisa data kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa saat pretes=59,79 dan saat postes=62,79 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata siswa saat pretes=46 dan saat postes=54,17. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji ANAVA pada taraf signifikansi 5% diperoleh FOA>FAtabel, FoB<FBtabel, dan FOAB<FAbtabel, artinya ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran yang digunakan, tidak ada pengaruh yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa dengan soft skills yang dimiliki, dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan soft skills siswa dalam peningkatan hasil belajar. Aktivitas siswa pada kelas ekserimen termasuk kedalam kategori aktif yaitu berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer pada tiga kali pertemuan secara berturut-turut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 003 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN STAD; SOFT SKILLS; HASIL BELAJAR; AKTIVITAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA174 Engineering design |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:16 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28738 |