Danis, Amir (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA IMELDA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182048 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2 NIM. 8156182048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3 NIM. 8156182048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4 NIM. 8156182048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5 NIM. 8156182048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6 NIM. 8156182048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7 NIM. 8156182048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8 NIM. 8156182048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9 NIM. 8156182048 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13 NIM. 8156182048 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14 NIM. 8156182048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pengaruh hasil
belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrument yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar PKn dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 25 soal dan lembar angket motivasi belajar siswa sebanyak 30 pernyataan yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat efek penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PKn, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) (X = 82,16), sedangkan yang diajar dengan media lagi (X = 71,36) dengan nilai sig.0,000; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PKN, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi (x = 80,99), sedangkan siswa motivasi belajar rendah (x = 72,16), dengan nilai sig.0,000; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan nilai sig.0,001, dimana hasil belajar PKn optimal pada siswa yang diajarkan dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk motivasi belajar tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.102 Ami p |
Keywords: | Model Pembelajaran, Motivasi Bealajar, dan Hasil Belajar PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:15 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28726 |