PURBA, ROBERTO (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5133321039 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 5133321039 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. 5133321039 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. 5133321039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. 5133321039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. 5133321039 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. 5133321039 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. 5133321039 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. 5133321039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
10. 5133321039 BAB I.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
14. 5133321039 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
15. 5133321039 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Roberto Purba, 5133321039 : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik kelas X Teknik Pemesinan. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan, tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan terdiri dari 34 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan berganda. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatakan hasil belajar Menggambar Teknik.Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning maka
didapat ketuntasan pada hasil belajar 52,94%% dengan rata-rata nilai 67,5. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa baik dari ketuntasan maupun nilai rata-rata. Pada tindakan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning bahwa perolehan nilai semakin meningkat yaitu 85,29% ketuntasan dan nilai rata-rata 80. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar menggambar teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK N 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 005 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28723 |