Nasuha, Siti Amalia (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR LATIHAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6133111068 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 6133111068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM 6133111068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 6133111068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 6133111068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 6133111068 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 6133111068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 6133111068 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM 6133111068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM 6133111068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 6133111068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Siti Amalia Nasuha. NIM. 613311068. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tendangan Depan Pencak Silat Dengan Mengunakan Gaya Mengajar Latihan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tendnagan depan pencak silat dengan menguankaan gaya mengajar latihan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas VIII sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 15 putra dan 15 putri. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kisaran pada tanggal 14 November s/d 28 November 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan portofolio penilaian tes.Pada data awal sebelum siklus di peroleh nilai rata-rata siswa sebesar 63,89 dimana dari 30 siswa terdapat 10 siswa yang telah tuntas atau mendapat nilai diatas ketentuan minimal. Hal ini berarti hanya 33,33% siswa yang mencapai nilai ketuntasan secara klasikal dari keseluruhan jumlah siswa. Untuk itu peneliti perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I, di peroleh data peningkatan hasil belajar siswa dimana 16 siswa dari 30 siswa yang telah tuntas dengan Persentase Ketuntasan Klasikal 53,33%, nilai rata-rata 75,56, ini berarti nilai ketuntasan secara klasikal belum tercapai (85%). Maka dilanjutkan tes siklus II, diperoleh peningkatan hasil belajar terdapat 26 siswa dari 30 siswa yang telah tuntas denagn Persentase Ketuntasan Klasikal 86,67%, dengan nilai rata-rata 85 ketuntasan belajar secara klasikal (85%) telah tercapai.Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan gaya mengajar latihan dapat meningkatkan hasil belajar tendnagan depan pencak silat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 036 |
Keywords: | MENGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1100 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:14 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28710 |