PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN INKUIRI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N 6 MEDAN T.A 2016/2017

HARAHAP, ARIFIN AZHARI (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN INKUIRI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N 6 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4123111006. COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4123111006. COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4123111006 . APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4123111006 . APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4123111006. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4123111006. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4123111006. CURICULUM VITAE.pdf]
Preview
Text
4. 4123111006. CURICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4123111006. PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. 4123111006. PREFACE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4123111006. TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. 4123111006. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4123111006. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 4123111006. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4123111006. TABLE.pdf]
Preview
Text
8. 4123111006. TABLE.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4123111006. APPENDICS.pdf]
Preview
Text
9. 4123111006. APPENDICS.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 10. 4123111006. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. 4123111006. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4123111006. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. 4123111006. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 15. 4123111006. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. 4123111006. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan dan untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa terkait kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan yang beralamat di Jalan bahagia Kecamatan Medan kota yang terdiri dari 11 kelas yang masing-masing kelas berjumlah rata-rata 30 siswa dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas VIII-2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Objek penelitian ini adalah perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen 1 PBL, nilai rata-rata pretest adalah 36.06 dan nilai rata-rata posttest adalah 70.53 dengan perbedaan nilai rata-rata adalah 34.46 sedangkan pada kelas eksperimen 2 Inkuiri, nilai rata-rata pretest adalah 37.13 dan nilai rata-rata posttest adalah 63.27 dengan perbedaan nilai rata-rata adalah 26.13. Dari hasil analisis data dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk mengetahui apakah data homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (4.740) > t_(1-α) (1.667). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Inkuiri dan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 017
Keywords: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KUBUS DAN BALOK, PROBLEM BASED LEARNING, INKUIRI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:14
Last Modified: 18 Feb 2019 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28707

Actions (login required)

View Item
View Item