NASUTION, SAFRIDA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELQAJAARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TITL SMK SWASTA SINAR HUSNI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131131023 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 5131131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
3. NIM. 5131131023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 5131131023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM. 5131131023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
6. NIM. 5131131023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
7. NIM. 5131131023 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 5131131023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
12. NIM. 5131131023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. NIM. 5131131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Safrida Nasution. NIM. 5131131023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Menggunakan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Pada siswa Kelas X Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik (TITL) SMK Sinar Husni Medan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Media pembelajaran, yang bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Web pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik dengan materi Arus Listrik Dan Potensial Lsitrik. Pengembangan media pembelajaran termasuk hal yang sangat dibutuhkan dalam inovasi pembelajaran, Pengembangan media pembelajaran yang baik serta dengan pemilihan media yang tepat sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Penulis mencoba mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan media atau aplikasi E-learning berbasis internet yang bersifat Open Source. Penulis mengembangkan pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa agar dapat lebih memahami pelajaran dan juga memudahkan pengajar dalam menyampaikan pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sinar Husni Medan, Jalan Veteran Gg.Utama Helvetia di Kec. Lab. Deli Serdang, . Sumatera Utara di kelas X TITL SMK Sinar Husni Medan. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengembangan Media pembelajaran dengan Menggunakan Media E-learning ( Schoology ) pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Sedangkan sample penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Sinar Husni Medan. Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Develovment, Implementation, Evaluation) dengan langkah-langkah mengunakan metode penelitian Reasearch and Development (R&D). Pengertian penelitian dan pengembangan tertuju pada proses, penelitian tidak menghasilkan objek, sedangkan pengembangan menghasilkan objek yang dapat dilihat dan diraba.Dari data yang diperoleh melalui angket yang ada, secara keseluruhan responden menilai media pembelajaran E-learning sangat menarik, kreatif juga terstruktur dan memenuhi indikator kelayakan sebesar 4,12 dari ahli media dengan katagori Baik dan 4,2 dari ahli materi dan 4,23 dari para siswa atau dalam kriteria Sangat Baik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran dengan Menggunakan E-learning ini sangat baik dilakukan melihat dari penilaian para responden dan juga tanggapan positif dan mendukung untuk Pengembangan media pembelajaran berbasis Internet. Para siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis E- Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 010 |
Keywords: | Pengembangan Media pembelajaran , Media Membelajaran E- Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28703 |