NUARI, RUBEN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS BAHAN DI SMA NEGERI 13 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4133121050 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
02. NIM 4133121050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
03. NIM 4133121050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
04. NIM 4133121050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
05. NIM 4133121050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
06. NIM 4133121050 LIST OF TABEL.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
07. NIM 4133121050 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
08. NIM 4133121050 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
09. NIM 4133121050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13.NIM 4133121050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM 4133121050 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Model Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan metoda Instruksional yang menggunakan permasalahan siswa sebagai suatu konteks untuk pengetahuan dan pemahaman ilmu pengetahuan dasar dan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas bahan di SMA Negeri 13 medan T.A 2017/2018.
Penelitian ini termasuk quasi experiment dengan menggunakan two group pretes-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terdapat 2 kelas , XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen 40 siswa dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol 38 siswa. Instrumen tes yang digunakan yaitu Lembar observasi aktivitas siswa dan uraian tes berjumlah 9 soal yang telah divalidkan oleh validator. Uji beda (uji t) yang digunakan dalam menguji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 21,03 dan kelas kontrol 20,16. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 74,41 dan kelas kontrol 60,66. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen memiliki persentase nilai 49%, 63% dan 63% mulai pertemuan pertama sampai pertemuan akhir. Persentase nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 58% termasuk dalam kategori cukup aktif. Dari hasil uji hipotesis t satu pihak diperoleh thitung = 0,73 dan ttabel = 1,99 sehingga thitung > ttabel pada taraf nyata 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh penggunan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Elastisitas Bahan Kelas XI MIA Semester I SMA Negeri 13 Medan T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 013 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MEDIA PHET, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28699 |