Putri, Darlya Ika (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111013 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM 4133111013 APROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4133111013 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 4133111013 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 4133111013 CONTENTS_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. NIM 4133111013 LIST OF FIGURE_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 4133111013 LIST OF TABLE_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM 4133111013 LIST OF APPENDIX_doc.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM 4133111013 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 4133111013 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM 4133111013 REFERENCES_docx.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Program Linear di kelas XI MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 5 MAN 3 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi Program Linear. Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I \ diperoleh 17 siswa (53,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (≥ 70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan. komunikasi matematika II diperoleh 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (≥ 70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25,625%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 62,67 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,34. Peningkatatan nilai ratarata yaitu sebesar 16,67 dengan Gain Skor sebesar 0,45 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi Program Linear di kelas XI MAN 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 018 |
Keywords: | Komunikasi Matematis, NHT |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28698 |