SUSANTO, ANITA RAMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133342020 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 7133342020 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
3. NIM 7133342020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM 7133342020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 7133342020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM 7133342020 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7133342020 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7133342020 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7133342020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13. NIM 7133342020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM 7133342020 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Anita Rama Susanto, NIM 7133342020. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Budistrya Medan T.P 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2017. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Budistrya Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang di ajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budisatrya Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Budisatrya Medan yang berjumlah 78 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar menggunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan sebagai acuan dalam membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan di peroleh data hasil belajar untuk kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata pretest adalah 43,5 dengan standar deviasi 12,16 dan rata-rata postest adalah 81,83 dengan standar deviasi 9,05. Sedangkan data hasil belajar yang diperoleh untuk kelas kontrol yaitu nilai rata-rata pretest adalah 40,17 dengan standar deviasi 7,71 dan rata-rata postest adalah 64,33 dengan standar deviasi 12,16. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,275 > 2,00 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 016 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB135 Mathematical economics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:13 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28689 |