RITONGA, RICHA ANGGRAINI (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA POKOK BAHASAN HUKUM DASAR ILMU KIMIA KELAS X SMA N 1 RANTAU UTARA RANTAUPRAPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123331041 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 4123331041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM 4123331041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM 4123331041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM 4123331041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6. NIM 4123331041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4123331041 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4123331041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4123331041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
13. NIM 4123331041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM 4123331041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA N 1 Rantau Utara Rantauprapat ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan Hukum Dasar Ilmu Kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksprimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Rantau Utara Rantauprapat yang tediri dari lima kelas dengan rata-rata jumlah siswa adalah 42 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil 2 kelas dari 5 kelas yaitu kelas X IPA1 sebagai kelas eksprimen I dan kelas X IPA2 sebagai eksprimen II sebanyak 84 orang. Instrumen test yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu soal pretest dan posttest sebanyak 30 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Think Pair Share (TPS) dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,315 dan ttabel = 1,987 untuk α = 0,05, yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan Think Pair Share (TPS) pada materi Hukum Dasar Ilmu Kimia Kelas X SMA N 1 RAntau Utara Rantauprapat tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 017 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Inquiry; TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:12 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28675 |