SIMBOLON, DUHOATO (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5132111005 C0VER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 5132111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
3.NIM 5132111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4.NIM 5132111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
5.NIM 5132111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
6.NIM 5132111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
7.NIM 5132111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
8.NIM 5132111005 APENDICATES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9.NIM 5132111005 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13.NIM 5132111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
14.NIM 5132111005 BLIBIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Duhoato Simbolon. NIM 5132111005. Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Perogram Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Skripsi. Fakultas Teknik – Universitas Negeri Medan. 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi batu dan beton di smk negeri 1 percut seituan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur Tindakan direncanakan dalam dua siklus pembelajaran . Siklus pertama mempelajari batu dan beton. Siklus kedua mempelajari material penyusun batu dan beton. Hasil uji coba Tes hasil belajar pada siklus I, dari 30 soal diperoleh 26 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 6 soal yang mudah,16 soal yang sedang dan 4 soal yang sulit. Uji daya beda soal 17 soal kategori baik dan 9 soal cukup. Pada siklus II, dari 30 soal diperoleh 24 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 4 soal yang mudah, 14 soal yang sedang dan 6 soal yang sulit. Uji daya beda soal 14 soal kategori baik dan 10 soal cukup. penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator rata-rata kumulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 75 dalam mata pembelajaran konstruksi bangunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perolehan nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 55,3 % yaitu pada siklus I dengan rata-rata 10,00 meningkat menjadi 15,53 pada siklus II. Pada perolehan nilai rata rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22,27%, yaitu pada siklus I dengan rata-rata 68,07 kategori tidak kompeten meningkat menjadi 83,23 pada Siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran kostruksi bangunan pada siswa kelas X Program keahlian konstruksi batu dan beton SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 008 |
Keywords: | Numbered head Together, Aktivitas , Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28671 |