HUTABARAT, NOPRILITA (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133321044 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 4133321044 APPROVAL SHEET_doc.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM. 4133321044 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 4133321044 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM. 4133321044 TABLE OF CONTENT_doc.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 4133321044 TABLES_doc.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 4133321044 DAFTAR ILLUSTRATION_doc.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 4133321044 APPENDICES_doc.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 4133321044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM. 4133321044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM. 4133321044 BIBLIOGRAPHY_doc.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI SMANegeri 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas XI-IPA 6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 15 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46,67 dan nilai rata-rata kelas kontrol 46,66. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = -0,1438 dan kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1144 dengan masing-masing Ltabel = 0,1543, sehingga diperoleh Lhitung <Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,552 dan Ftabel = 1,828 karena Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Nilai rata-rata postes hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 69,69 dan kelas konvensional adalah 53,33. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = -0,1367 dan kelas kontrol Lhitung = 0,1264 dengan masing-masing Ltabel = 0,1543 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,262 dan Ftabel = 1,828 sehingga Fhitung< Ftabel,maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung = 6,010 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel maka ada pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 014 |
Keywords: | Discovery Learning, Hasil Belajar, dan Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28669 |