Br Sebayang, Salamah (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS V SD NEGERI 066047 MEDAN T.A 2017 / 2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111067_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1133111067_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. NIM. 1133111067_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 1133111067_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1133111067_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1133111067_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133111067_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 1133111067_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1133111067_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1133111067_BAB I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
14. NIM. 1133111067_BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
15. NIM. 1133111067_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
SALAMAH Br SEBAYANG. NIM 1133111067 . “ Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Quantum Teaching Di Kelas V SD Negeri 066047 Medan. Tahun Ajaran 2017/2018”.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.066047 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang beralamat di jalan Beringin VI Kecamatan Medan Helvetia. Sebelum tindakan dilaksanakan terlebih dahulu di lakukan pre test (tes awal) kepada 30 siswa kelas V untuk mengetahui pengetahuan awal siswa dan acuan untuk membentuk kelompok yang heterogen berdasarkan hasil yang
diperoleh siswa dari hasil pre test. Penelitian dilaksanakan pada September sampai bulan November 2017 Subjek dalam penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V SD Negeri No.066047 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 dan Objek penelitian ini adalah tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Tumbuhan Hijau melalui model pembelajaran Quantum Teaching.Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi siklus I akan dijadikan acuan untuk pelaksanaan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (Pre Test, Post Test Siklus I dan Post Test Siklus II) dan lembar observasi (lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas belajar siswa). Berdasarkan data observasi siswa dan guru yang diperoleh sebagai berikut : Observasi Siswa saat penelitian siklus I dilakukan mendapatkan skor 33 yang bernilai 55, dan Observasi Guru saat penelitian siklus I mendapatkan skor 51 bernilai 85, karena nilai tersebut belum sesuai harapan maka saya melakukannya disiklus II dengan nilai sebagai berikut: Observasi Siswa di siklus II mendapatkan skor 42 dengan nilai 70, dan Observasi guru di siklus II mendapatkan skor 57
dengan nilai 95. Dari pengamatan observasi siswa dan guru dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: nilai rata-rata dari 30 orang siswa hasil belajar pada pre test adalah 55,88% yaitu sebanyak 11 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 36,66% , hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 71,2% yaitu sebanyak 23 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan adalah 76,6% dan hasil belajar siswa pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 76,6% yaitu sebanyak 27 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 90%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri No. 066047 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 002 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28668 |