Lestari, Witri (2017) UPAYA MENIINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY DI KELAS IV SD IT HAUDHIN ILMA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111026_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
6. NIM. 1132111026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13. NIM. 1132111026_BAB V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
1. NIM. 1132111026_COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM. 1132111026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1132111026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1132111026_BAB I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 1132111026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1132111026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 1132111026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 1132111026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
3. NIM. 1132111026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM. 1132111026_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
WITRI LESTARI, NIM: 1132111026, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya dengan Menggunakan Model Two Stay Two Stray Kelas IV SD IT Haudhin Ilma Tahun Ajaran 2017/2018” Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model Two Stay Two Stray pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya bagi siswa kelas IV SD IT Haudhin Ilma? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD IT Haudhin Ilma. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Haudhin Ilma yang berjunlah 30 orang yang terdiri
dari siswa laki-laki 14 orang dan siswa perempuan 16 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data hasil belajar siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penelitian ini terdiri terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum siklus I, peneliti melakukan pretes untuk melihat letak kesulitan siswa dalam mempelajari materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Dari pretes dilanjutkan ke siklus I dan selanjutnya siklus II dengan memberikan postes I dan postes II untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes diperoleh nilai rata-rata 50,3 dengan perincian 8 orang siswa (26,7%) sudah tuntas belajar dan 22.orang siswa (73,3%) belum tuntas dari 30 orang siswa. Pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata 64,2 dengan perincian 18 orang siswa (60%) sudah tuntas dan 12 orang siswa (40%) belum tuntas, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,3 dengan perincian 28 orang siswa (93,3%) sudah tuntas dan 2 orang siswa (6,6%) belum tuntas belajar dari 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya bagi siswa kelas IV SD IT Haudhin Ilma kab. Langkat T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 003 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28667 |