NOVENA, ITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4133321067 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM.4133321067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM.4133321067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM.4133321067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM.4133321067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM.4133321067 TABLES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM.4133321067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8. NIM.4133321067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
9. NIM.4133321067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM.4133321067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
14. NIM.4133321067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2016/2017 Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas pararel yaitu kelas IPA-1 sampai kelas IPA-6. Sampel penelitian diambil dengan teknik class random sampling, yaitu kelas IPA-3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran inquiry training dan satu kelas lagi yaitu kelas IPA-4 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 6 buah.
Dari analisa data nilai pretes kedua kelas didapatkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 54,12 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 54,38, dan nilai postes kedua kelas didapatkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 79,85 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 65,44. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel (5,073 > 1,669) maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 015 |
Keywords: | INQUIRY TRAINING, HASIL BELAJAR, FLUIDA STATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28666 |