RITONGA, MERLITA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR ,MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GAROGA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4132111021 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. 4132111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
3. 4132111021 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. 4132111021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. 4132111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. 4132111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. 4132111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 4132111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9. 4132111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. 4132111021 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
14. 132111021 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
15. 4132111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dan dengan menggunakan model kooperati tipe Jigsaw pada pokok bahasan Trigonometri di kelas XI IPA SMAN 1 Garoga T.A 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan kelas XI IPA2 sebagai kelas control yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk pilihan ganda dan essay yaitu posttest yang digunakan untuk melihat perbedaan hasil belajar matematika siswa. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran STAD dan kelas control dengan model pembelajaran Jigsaw diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,76 dan nilai rata-rata kelas control sebesar 77,50. Hasil uji t dua pihak dengan dk = n1 + n2 – 2 = 68 dan α = 0,05, diperoleh thitung = 2,01 dan ttabel = 1,997 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,01 > 1,997 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dan dengan model kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan Trigonometri di kelas XI IPA SMAN 1 Garoga T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 028 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, KOOPERATIF TIPE STAD, KOOPERATIF TIPE JIGSAW |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28650 |