YENI, RISA DESWITA (2018) KONTRIBUSI KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4131131038 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
02. NIM 4131131038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
03. NIM 4131131038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
04. NIM 4131131038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
05. NIM 4131131038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
06. NIM 4131131038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM 4131131038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. NIM 4131131038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
09. NIM 4131131038 BAB I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM 4131131038 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 4131131038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kemampuan matematika terhadap hasil belajar kimia siswa pada Pokok Bahasan Laju Reaksi di Kelas XI SMA 2 Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling sebanyak satu kelas dari empat kelas. Instrumen tes yang digunakan ada dua, yaitu instrumen tes kemampuan matematika dan instrumen tes hasil belajar kimia yang masing-masing sebanyak 30 soal. Berdasarkan data hasil perhitungan, uji hipotesis 1 diperoleh Fhit = 41,51 sedangkan Ftabel = 4,11, karena Fhit > Ftabel maka Tolak Ho (terima Ha) berarti: Ada hubungan yang linier dan signifikan antara kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia. Hasil uji hipotesis 2 mengenai korelasi positif antara kemampuan matematika dengan hasil belajar kimia diperoleh rhit = 0,741, sedangkan rtabel pada ∝ = 0,05 (N = 36) adalah sebesar 0,329. Karena rhit > rtabel maka Ho ditolak (terima Ha), berarti ada korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan matematika dengan ahsil belajar kimia. Hasil uji hipotesis 3 tentang kontribusi kemampuan matematika terhadap hasil belajar kimia diperoleh Koefesien Determinasi (CD) = 54,9%. Dengan demikian, kontribusi kemampuan matematika terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan laju reaksi adalah 54,9% sedangkan 45,1% adalah kontribusi faktor-faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 021 |
Keywords: | KONTRIBUSI;KEMAMPUAN MATEMATIKA;HASIL BELAJAR KIMIA;LAJU REAKSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2018 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28643 |