PANGGABEAN, PRIMA RIA RUMATA (2018) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133321028 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4133321028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM. 4133321028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4133321028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM. 4133321028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 4133321028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4133321028 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4133321028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4133321028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. NIM. 4133321028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 4133321028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains fisika siswa pada
materi pokok momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment
dengan desain two group pre-test-post-test. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tujuh
kelas yaitu kelas X MIA-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan
kelas X MIA-6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang
digunakan berupa tes keterampilan proses sains berbentuk uraian yang terdir i dari
8 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan
proses sains selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai ratarata
pre-test kelas eksperimen adalah 36,17 dan kelas kontrol adalah 34,09.Setelah
pembelajaran selesai diberikan post-test dengan hasil nilai rata-rata kelas
eksperimen 71,02 dan kelas kontrol adalah 61,55. Hasil uji hipotesis
menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan
model Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada
materi pokok momentum dan impuls. Kesimpulan ini didapat dari penggunaan
model Project Based Learning keterampilan proses sainsnya lebih baik
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 018 |
Keywords: | quasi eksperiment, project based learning, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:09 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28628 |