PRAYITNO, PUTRI YUNDATARI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311063 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4133311063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
3. NIM. 4133311063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM. 4133311063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM. 4133311063 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 4133311063 ILLUSTRACTION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 4133311063 TABLE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 4133311063 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM. 4133311063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13. NIM. 4133311063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 4133311063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel di kelas VII B Plus SMP Swasta Muhammadiyah 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas VII B Plus SMP Swasta Muhammadiyah 2 Medan dan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel di kelas VII B Plus SMP Swasta Muhammadiyah 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan berpikir kreatif matematika. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 3 dari 25 siswa atau 12% dengan rata-rata kelas 42,66. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 25 siswa atau 60% dengan rata-rata kelas 63. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 22 dari 25 siswa atau 88% dengan rata-rata kelas 77. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal makatematika pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan klasikal.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel di kelas VII B Plus SMP Swasta Muhammadiyah 2 Medan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 038 |
Keywords: | KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA, PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:09 |
Last Modified: | 01 Dec 2018 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28622 |