FIRMANSYAH, T. REZA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331030 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 4133331030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 4133331030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 4133331030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 4133331030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4133331030 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4133331030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4133331030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 4133331030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM 4133331030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 4133331030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Media e-learning berbasis website merupakan bentuk pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sambungan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media e-learningdengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon siswa SMA kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Istiqlal Delitua tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 160. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak satu kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ranah kognitif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk objective test sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test dua pihak. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung= 63,45 sedangkan ttabel = 2.0315 untuk α = 0.05 dan db = 35. Dengan demikian thitung > ttabel maka hipotesis Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh media e-learning dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pokokbahasanhidrokarbon siswa SMA kelas X dengan persen peningkatan hasil belajar sebesar 84%.