BUATON, ANNARITA (2018) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI PATUMBAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142008 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 7133142008 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
3. NIM 7133142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM 7133142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 7133142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7133142008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM 7133142008 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7133142008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7133142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM 7133142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 7133142008 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
AK SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2017/2018”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2017/2018 melalui penerapan model Jigsaw.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.
Dari hasil analisis data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 63,52%. Data postes siklus I dengan Rata-rata nilai 67,5% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 3,98%. Sedangkan, data postes siklus II dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 83% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 15,5%. Hal ini menunjukan siklus II sudah mencapai standar KKM secara klasikal yaitu 75% siswa harus memperoleh nilai ≥ 75. Sedangkan hasil angket minat yang dilaksanakan pada siklus I diperoleh kriteria sangat berminat 1 siswa (3%), berminat 20 siswa (56%), cukup minat 12 siswa (33%), kurang minat 3 siswa (8%), pada siklus II di dapat kriteria sangat berminat 22 siswa (61%) dan criteria siswa berminat 14 siswa (39%), dan tidak berminat belajar 0%. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2017/2018. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 021 |
Keywords: | MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR AKUNTANSI, MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:07 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28610 |