RAMADHANI, SRI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI 066041 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182042 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2 NIM. 8156182042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
3 NIM. 8156182042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4 NIM. 8156182042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5 NIM. 8156182042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6 NIM. 8156182042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7 NIM. 8156182042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM. 8156182042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9 NIM. 8156182042 BAB I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
13 NIM. 8156182042 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14 NIM. 8156182042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) pengaruh keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 066041 Medan yang dajarkan dengan model pembelajaran sinektik dan CTL, (2) pengaruh keterampilam menulis puisi siswa kelas V SDN 066041 Medan yang memiliki penguasaan kosakata tinggi dan kosakata rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 066041 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 066041 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 123 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cluster sampling yaitu kelas V-1 dan kelas V-4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Untuk mengumpulkan data digunakan tes. Tes keterampilan menulis puisi digunakan tes menulis puisi dan tes penguasaan kosakata menggunakan pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa skor rata-rata Kemampuan Menulis Puisi yang diajarkan dengan Sinektik adalah 35,433. Hasil ini membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 066041 Medan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sinektik sangat membantu siswa menulis puisi dengan pengembangan kreativitas siswa melalui analogi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang diajarkan dengan model pembelajaran Sinektik dan CTL pada siswa kelas V SDN 066041 Medan,(2) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang memiliki penguasaan kosakata tinggi dan kosakata rendah pada siswa kelas V SDN 066041 Medan, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran sinektik dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 066041 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.623 Ram p |
Keywords: | Sinektik, Ctl, Penguasaan Kosakata, Keterampilan Menulis Puisi, Cluster Sampling, Quasi Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:07 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28609 |