AYUPRATIWI, QORI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA PADA SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133342002 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM 5133342002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
3. NIM 5133342002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM 5133342002 TABLE OF CONTECT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 5133342002 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 5133342002 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 5133342002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 5133342002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM 5133342002 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14.NIM 5133342002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar prakarya siswa di SMP Negeri 17 Medan yang menggunakan modul pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar prakarya di SMP Negeri 17 Medan yang tidak menggunakan modul pemebelajaran, untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 17 Medan pada mata pelajaran prakarya.teknik pengambilan sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 320 siswa, maka diperoleh kelas VII-4 dengan jumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebanyak 33 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengamatan dan deskripsi data menggunakan uji kecenderungan, uji normalitas dengan menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar menggunakan modul pembelajaran termasuk kategori cenderung baik dengan presentase sebanyak 34% dan tingkat kecenderungan hasil belajar tidak menggunakan modul pembelajaran dalam kategori cenderung kurang dengan persentase sebesar 85%. Hasil analisis uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan modul pemebelajaran terhadap hasil belajar prakarya dengan nilai thitung > ttabel ( 8,209 > 1,669) dengan taraf signifikan 5%. Artinya, modul pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar prakarya pasa siswa SMP Negeri 17 Medan .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BOGA 002 |
Keywords: | modul pembelajaran;hasil belajar prakarya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:07 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28608 |