SOLIN, HERBIN PARDAMEAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA PADA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 PERGETTENG-GETTENG SENGKUT PAKPAK BHARAT T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5131131009 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 5131131009 APPROVAI SHEET.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
3. NIM 5131131009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM 5131131009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM 5131131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 5131131009 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 5131131009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 5131131009 APENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 5131131009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. NIM 5131131009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 5131131009 BLIBLLOGRAPY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan hasil belajar elektronika dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM ) pada siswa kelas X di SMK NEGERI 1 Pergetteng-Getteng Sengkut Pakpak Bharat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswsa kelas X TKJ SMK Pergetteng-Getteng Sengkut Pakpak Bharat, berjumlah 2 kelas, kelas TKJ 1 berjumlah 30 orang, kelas TKJ 2 berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dan kelas kontrolnya (menggunakan model pembelajaran Ekspository). Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar elektronika dasar. Skor rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,66 dan kelas kontrol sebesar 60.
Kelas Eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran PAIKEM dan Kelas Kontrol diberikan Model pembelajaran Ekspository. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen rata-rata pretest sebesar 45,66 dan nilai rata-rata post test sebesar 85,66, sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas Ekspository adalah 42 dan nilai rata-rata post tets sebesar 60. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 59,26% sudah tergolong dalam kriteria dan pada kelas Ekpository sebesar 30%. Berdasarkan pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu thitung > ttabel (16,826 > 1,661) pada taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar elektronika dasar yang diajarakan dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM lebih tinggi daripada hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Ekspository pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Pergetteng-Getteng Sengkut Kabupaten Pakpak Bharat T.P 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 012 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MOFDEL PEMBELAJARAN AKTIF,INOVATIF,KREATIF,EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:07 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28605 |