PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 02 MEDAN T.P 2017/2018.

PASARIBU, SATRIADI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 02 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132121026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121026 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4132121026 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132121026 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4132121026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132121026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4132121026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132121026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4132121026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132121026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132121026 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132121026 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121026 TABLES.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4132121026 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132121026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132121026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4132121026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4132121026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4132121026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132121026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains (KPS) siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pengukuran di kelas X, mengetahui KPS siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pengukuran di kelas X, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada materi pokok pengukuran dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pengukuran di kelas X.
Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Kedua kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe GI dan kelas X MIA2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan two group pretest posttest design. Data hasil belajar dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan tes praktek dengan instrumen LKPD yang telah divalidkan. Data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t satu pihak).
Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postest kelas eksperimen yaitu 73,22 dengan standar deviasi 9,44 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postest kelas kontrol yaitu 59,88 dengan standar deviasi 6,91. Hasil nilai postest kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t satu pihak dan diperoleh hasil 6,50> 2,43 yaitu thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Pengukuran di Kelas X Semester I SMA Muhammadiyah 02 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 023
Keywords: Quasi Experiment, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Pembelajaran Konvensional, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:07
Last Modified: 02 Apr 2018 10:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28601

Actions (login required)

View Item
View Item