Hasibuan, Rabitah Hanum (2018) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL - AMJAD MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM.8156181046_ COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2.NIM.8156181046_ APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
3. NIM.8156181046 _ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
4.NIM.8156181046_PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5.NIM.8156181046 _TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6.NIM.8156181046 _TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7.NIM.8156181046 _APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM.8156181046 _CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
12.NIM.8156181046 _CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
13.NIM. 8156181046 _BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan Keterampilan Sosial anak yang melakukan kegiatan belajar dengan menggunakan metode bermain peran makro dengan anak yang melakukan kegiatan belajar dengan menggunaka metode bermain peran mikro, (2) Perbedaan keterampilan sosial anak yang memiliki konsep diri tinggi dan konsep diri rendah, (3) Interaksi antara metode bermain peran dengan konsep diri anak terhadap keterampilan sosial.Populasi penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK AL-AMJAD Medan. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan instrumen berupa tes data keterampilan sosial dan instrumen untuk data konsep diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anava dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05.Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata keterampilan sosial anak yang melakukan kegiatan belajar dengan metode bermain peran makro adalah (X ) ̅= 14,8 lebih tinggi dari pada kemampuan anak yang belajar dengan metode bermain peran mikro adalah X ̅ = 13,6 dengan fhitung = 3,60 > ftabel= 2,48 (2) rata-rata keterampilan sosial anak dengan konsep diri tinggi adalah X ̅ = 15,4 lebih tinggi dari pada keterampilan sosial anak dengan konsep diri rendah adalah X ̅ = 12,7 dengan fhitung = 14,04 > ftabel = 2,48 (3) terdapat interaksi antara bermain peran dan konsep diri terhadap keterampilan sosial anak dengan fhitung =2,81 > ftabel = 2,48.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Has p |
Keywords: | Metode Bermain Peran Makro,Konsep Diri,Keterampilan Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:03 |
Last Modified: | 06 Mar 2018 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28580 |