NABABAN, DONNI MARSON (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK KELAS X TITL SMK NEGERI 1 SIBORONGBORONG T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 5123131009 Cover.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2 Nim 5123131009 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (978kB) | Preview
3 Nim 5123131009 Abstract.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4 Nim 5123131009 Acknowledgement.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5 Nim 5123131009 Table of Content.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6 Nim 5123131009 List of Table.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7 Nim 5123131009 List of Appendices.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 Nim 5123131009 Chapter I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
12 Nim 5123131009 Chapter V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
13 Nim 5123131009 References.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Open Ended terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rangkaian Listrik kelas X TITL SMK Negeri 1 Siborongborong T.A. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Open Ended dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 35 soal. Dari hasil penelitian rata-rata pre-tes kelas eksperimen 54,13 dan kelas kontrol 56,63 dan hasil post-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,25 dan standar deviasi 7,91 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 76,19 dengan standar deviasi 7,32. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung sebesar 4,22 dan ttabel sebesar 1,66. Karena thitung > ttabel atau 4,22 > 1,66 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar Rangkaian Listrik yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Open Ended pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Siborongborong T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 013 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Open Ended, Hasil Belajar Rangkaian Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:03 |
Last Modified: | 16 Mar 2018 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28575 |