KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI DI KELAS XII SMK NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018)

Khasanah, Uky Mei (2017) KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI DI KELAS XII SMK NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133351006_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133351006_COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133351006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133351006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133351006_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133351006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133351006_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133351006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133351006_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133351006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133351006_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133351006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133351006_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133351006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133351006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133351006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133351006_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133351006_BAB I.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133351006_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133351006_BAB V.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133351006_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133351006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional secara umum dan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) dan variabel jurusan (RPL, TKJ, PS, MM, ANM, dan DKV) dan (2) merumuskan program Bimbingan dan Konseling terkait dengan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional dikelas XII SMK Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 178 orang siswa kelas XII SMK Negeri 9 Medan dengan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling metode undian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional kemudian dianalisis menggunakan teknik pengolahan skor dan kategorisasi data. Selanjutnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kecemasan dalam menghadapi ujian nasional siswa kelas XII SMK Negeri 9 Medan secara umum dalam kategorisasi tinggi sebanyak 99 orang dengan persentase (56%), 52 orang (29%) pada kategori sangat tinggi, dan 27 orang (15%) dalam kategori sedang. (2) kecemasan dalam menghadapi ujian nasional siswa kelas XII SMK Negeri 9 Medan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) menunjukkan bahwa laki – laki berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 25 orang (28%), 44 orang (53%) pada kategori tinggi, dan 16 orang (19%) pada kategori sedang, sedangkan variabel jenis kelamin perempuan berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 26 orang (28%), 57 orang (61%) pada kategori tinggi dan 10 orang (11%) dalam kategori sedang. (3) kecemasan dalam menghadapi ujian nasional siswa kelas XII SMK Negeri 9 Medan ditinjau dari variabel jurusan menunjukkan bahwa siswa jurusan RPL berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 12 orang (27%), 28 orang (62%) pada kategori tinggi, dari jurusan TKJ berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 18 orang (40%), 23 orang (51%) pada kategori tinggi. Dari jurusan DKV berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 7 orang (39%), 8 orang (44%) pada kategori tinggi, dari jurusan ANM berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 6 orang (33%), 8 orang (44%) pada kategori tinggi, dari jurusan MM berada pada kategori sangat tinggi 2 orang (11%), 11 orang (61%) pada kategori tinggi. Lalu jurusan PS berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 7 orang (20%), dan 21 orang (62%) pada kategori tinggi. Berdasarkan data diatas, dirumuskan program Bimbingan dan Konseling yang memuatkan program tahunan, program semester dan program mingguan terkait dengan bidang pengembangan belajar dengan sub bidang pengembangan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BK 005
Keywords: Kecemasan; Ujian Nasional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:03
Last Modified: 14 Mar 2018 09:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28572

Actions (login required)

View Item
View Item