SITORUS, HENRY PANGIHUTAN (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X IPA SMA NEGERI 4 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132141007 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4132141007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM. 4132141007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM. 4132141007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 4132141007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 4132141007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 4132141007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4132141008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4132141007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. NIM. 4132141007 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
14. NIM. 4132141007 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15. NIM. 4132141007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) Hasil belajar biologi siswa, (2) Keterampilan proses sains dasar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran group investigation pada materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X IPA SMA Negeri 4 Kisaran. Populasi penelitian berjumlah lima kelas dan sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelas X IPA 4 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation. Instrumen pengumpulan data menggunakan: (1) Tes hasil belajar dengan bentuk pilihan berganda sebanyak 30 item, dan (2) Tes keterampilan proses sains dasar sebanyak 10 item. Metode penelitian ini bersifat quasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0.01. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada perbedaan yang sangat signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning 85.9 ± 6.98 ( ¯x ± SD) dan model pembelajaran group investigation 81.4 ± 7.23, dengan thitung 2.603 dan ttabel 1.667 (2) Ada perbedaan yang sangat signifikan keterampilan proses sains dasar yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning 87.1 ± 11.2 ( ¯x ± SD) dan model pembelajaran group investigation 73.4 ± 12.59, dengan thitung 4.710 dan ttabel 1.667. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar dan keterampilan proses sains dasar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning lebih baik dari model pembelajaran group investigation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 006 |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning; Model Pembelajaran Group Investigation; Keterampilan Proses Sains Dasar; Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:02 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28569 |