MUSTOFA, BENNI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133111007 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 5133111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (915kB) | Preview
3. NIM 5133111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
4. NIM 5133111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM 5133111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM 5133111007 TABLE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM 5133111007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 5133111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 5133111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM 5133111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 5133111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar gambar teknik pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 53 siswa. Kelas kontrol X TGB-1 terdiri dari 27 siswa dan X TGB-2 26 siswa. Sebelum melaksanakan penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pretest dan di akhir pembelajaran diberikan posttest. Hasil analisis data dari hasil pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu, X ̅= 58.51 dengan nilai tertinggi 76 dan terendah 49. Sedangkan pada kelas kontrol X ̅= 58.68 dengan nilai tertinggi 76 dan terendah 48. Kemudian kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan pada kelas control diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis data dari hasil posttest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu, X ̅= 82.12 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 75. Sedangkan pada kelas kontrol X ̅= 74.82 dengan nilai tertinggi 84 dan terendah 62. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji-t, dari data perhitungan hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 5.241 > 1.672, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memberikan nilai yang lebih tinggi daripada hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 012 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, PROJECT BASED LEARNING, GAMBAR TEKNIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28562 |