Lestari, Barokah Ajeng (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SEMESTER I SMA CERDAS MURNI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 41333121073 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 41333121073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM 41333121073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 41333121073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 41333121073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM 41333121073 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 41333121073 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 41333121073 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM 41333121073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
13. NIM 41333121073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 41333121073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok hukum newton di kelas X semester I SMA Cerdas Murni T.P 2017/2018.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I SMA Cerdas Murni T.P 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 15 soal dan keterampilan serta sikap siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diperoleh rata-rata pretes 39,83 dan nilai rata-rata postes 77,44. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretes 36,14 dan rata-rata postes 66,31. Penelitian ini juga memperhatikan sikap dan keterampilan siswa pada kelas eksperimen. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa sikap dan keterampilan siswa meningkat dari pertemuan pertama ke pertemuan ketiga. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,63 sedangkan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel (4,63 > 2,00) maka Hipotesis Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Hukum Newton di SMA Cerdas Murni T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 031 |
Keywords: | Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28557 |