SIMATUPANG, HERYADIK (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PERENCANAAN DAN PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK BANGUNAN DI KELAS XI SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.-NIM(5132131004)-COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2.-NIM(5132131004)-APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3.-NIM(5132131004)-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4.-NIM(5132131004)-PREVACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM(5132131004) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM(5132131004) TABLE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM(5132131004) IMAGE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM(5132131004) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
12. NIM(5132131004)CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM(5132131004)BLIBLOGRAPY.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar Teknik Instalasi Listrik Khususnya Pada Materi Perencanaan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generative Learning Dengan siswa yang diajarkan Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas XI SMK TITL.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Yang Mengikuti Mata Pelajaran Teknik Instalasi Listrik dengan Kompetensi Perencanaan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana. Sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Generative Learning adalah kelas XI TITL SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2 yang berjumlah 19 siswa serta kelas XI TITL SMK Swasta Imelda Medan menjadi kelas kontrol kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Konvensional yang berjumlah 22 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 41 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar Perencanaan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan antara Model Pembelajaran Generative Learning dengan Model Pembelajaran Konvensional, dimana hasil belajar Perencanaan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Generative Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Perencanaan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Konvensional. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 25,78 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 23,77. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Menerapkan Perencanaan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan dengan Model Pembelajaran Generative Learning diperoleh Lhitung sebesar 0.1305 dan Ltabel sebesar 0.195 karena Lhitung < Ltabel atau 0.394 < 0.195, maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument Perencanaan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan dengan Model Pembelajaran Konvensional diperoleh Lhitung sebesar 0.115 dan Ltabel = 0.190 karena Lhitung < Ltabel atau 0.115 < 0.190, maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Perencanaan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan diperoleh Fhitung sebesar 1,632 dan Ftabel 2,176 karena Fhitung < Ftabel atau 1,632 < 2,176 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen.
Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Perencanaan Dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Pada Siswa Kelas XI TITL Hal ini terlihat dari nilai thitung = 2,98 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,685.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 016 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2018 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28545 |