Saragih, Yunita Sari (2018) PENGARUH MEDIA PEMEBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI TITIK DAN GARIS TUBUH SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 5133141035 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2 NIM. 5133141035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
3 NIM. 5133141035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4 NIM. 5133141035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6 NIM. 5133141035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7 NIM. 5133141035 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 5133141035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5133141035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM. 5133141035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM. 5133141035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui hasil belajar pada kompetensi titik dan garis tubuh siswa yang tidak diberikan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti, 2) Untuk mengetahui hasil belajar pada kompetensi titik dan garis tubuh siswa yang diberikan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti, 3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar pada kompetensi titik dan garis tubuh siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata busana SMK Negeri 1 Laguboti, tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 3 kelas dengan jumlah 90 siswa. Teknik sample menggunakan random sampling yaitu teknik sample diambil secara acak untuk menentukan kelas ekperimen dan kelas kontrol pada kelas X TB 1, X TB 2, X TB 3, dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen).
Berdasarkan hasil uji persayaratan analisis menunjukkan bahwa hasil belajar pada kompetensi titik dan garis tubuh tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash adalah berdistribusi normal dimana, < = 0,1007< 0,161 dan data hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash adalah berdistribusi normal dimana, < = 0,1013 < 0,161 dan kedua data adalah homogen untuk nilai pre-tes karena < yaitu 1,093 < 1,84 serta untuk nilai post-tes dimana < = 1,1706 < 1,84, sehingga kedua kelas memilki varians yang sama ( homogen). Hasil analisa data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu 30 siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash menunujukkan nilai rata-rata 83,4 dengan hasil presentase 13 % termasuk kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran berasis Macromedia Flash menunjukkan nilai rata-rata 69 dengan hasil presentase 57 % pada kategori cukup. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai yaitu 6,37 > 1,6723. Dilihat dari penelitian ini , hasil belajar pada kompetensi titik dan garis tubuh lebih tinggi, jika diajarkan dengan menggunkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash. Jadi terbukti ada pengaruh hasil belajar siswa antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash. Hal ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran baik digunakan sebagai alternatif atau variasi dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 003 |
Keywords: | Media Macromedia Flash, Hasil Belajar Kompetensi Titik Dan Garis Tubuh |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 16:59 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 10:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28542 |