Marbun, Apssa (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MEKANIK YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 DOLOK SANGGUL T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 5133121005 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2 NIM 5133121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
3 NIM 5133121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4 NIM 5133121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5 NIM 5133121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6 NIM 5133121005 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 NIM 5133121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 5133121005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9 NIM 5133121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13 NIM 5133121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14 NIM 5133121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Teknologi Mekanik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 2 Dolok Sanggul T.P 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan pada siswa kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negri 2 Dolok Sanggul tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 2 Dolok Sanggul yang terdiri dari 2 kelas yaitu X TP 1 dan X TP 2. Kedua kelas digunakan sebagai sampel. Kelas X TP I diterapkan model pembelajaran Ekspositori sedangkan X TP 2 diterapkan model pembelajaran kooperatif TGT, yang tiap kelas sampel terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran TGT diperoleh Lhitung = 0,0906 dan Ltabel = 0,161 , maka diperoleh Lhitung (0,0906) < Ltabel (0,161) pada kategori normal, dan pada model pembelajaran ekspositori Lhitung=0,1387 dan Ltabel =0,161 maka diperoleh Lhitung(0,01387) <Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran TGT dan ekspositori digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh fhitung = 1,70 dan ftabel= 1,86, maka fhitung(1,70)<ftabel (1,86) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 7,68 dan ttabel= 2,002 sehingga thitung>ttabel dan diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar Teknologi Mekanik siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran TGT dengan pembelajaran Ekspositori. Dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen = 80,44 dan hasil belajar rata-rata kelas kontrol = 62,22
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 012 |
Keywords: | Teams games Tournaments (TGT), Ekspositori, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 16:58 |
Last Modified: | 03 Mar 2018 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28525 |